5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Persiapan Pensiun Dini



Jenuh dalam pekerjaan dapat datang kapan saja, terlebih jika pekerjaan tersebut lama ditekuni. Tekanan dan tuntutan pekerjaan yang semakin tinggi menjadi alasan untuk memikirkan pensiun dini. Umumnya, perusahaan mematok batas minimal lama bekerja untuk mendapatkan fasilitas pensiunnya sekitar 15 – 20 tahun. Untuk fasilitas pensiunnya berupa pesangon, penggantian hak dan penghargaan masa kerja yang nominalnya seperti pensiun normal.

Selain datang dari keinginan karyawan sendiri, pensiun juga ditawarkan oleh perusahaan bagi pegawainya yang terlalu lama aktif. Tentunya dengan disediakan pesangon yang besar, sehingga karyawannya memilih mengambil kesempatan itu. Karena uang pesangon ini sebagai penggantian gaji masa kerja, maka kamu tidak boleh menghabiskannya begitu saja. Harus bisa mengelolanya dengan cermat dan bijak seperti di bawah ini!
Target
Sebelum pensiun dini, tentukan usia untuk berhenti bekerja. Misalnya, sekarang usia kamu 30 tahun dan ingin pensiun di usia 45 tahun berarti kamu masih mempunyai waktu 15 tahun untuk mempersiapkannya. Buatlah sebuah perencanaan matang untuk mengisi kekosongan saat pensiun kelak.
Hitung biaya hidup
Selanjutnya untuk menyambut pensiun dini kamu perlu melakukan kalkulasi biaya hidup. Mulailah dari sekarang hitung berapa kebutuhan kamu setiap bulannya dan pastikan kalau masa pensiunmu nanti berkecukupan. Agar tidak salah, tambahkan perkiraan inflasi yang naik 6% setiap tahunnya.
Total semua hutang
Jangan anggap remeh hutang, kamu harus pikirkan sejak dini untuk melunasi setiap hutangmu. Jumlahkan semua hutang baik yang kecil maupun besar. Perkirakanlah kalau hutang tersebut sudah dibayar sebelum kamu mengambil pensiun dini dari kantor tempatmu bekerja. Hutang ini termasuk cicilan motor, kredit rumah, kredit pendidikan dan lainnya.
Kencangkan ikat pinggang
Biasakan diri untuk selalu hidup sederhana. Saat ini kamu masih bekerja dan dapat memenuhi semua kebutuhan hidup yang besar itu. Tapi, bagaimana kalau sudah pensiun nanti tentu pemasukanmua tidak sebesar sekarang.
Investasi
Cara bijak menghadapi pensiun dini adalah menyiapkan investasi jauh-jauh hari. Tanamkan uangmu untuk investasi reksadana, pasar uang, pialang atau lainnya yang menurutmu tepat. Buka restoran atau katering bisa kok sebagai langkah investasi jaminan masa tua. Tapi, menunya harus update ya!!

0 komentar :

Poskan Komentar

Popular Posts

Popular Posts

Popular Posts

© Copyright 2013. nurse-bank.net. All Rights Reserved. Designed by: LBT (Lovely Blogging Tricks)