Langsung ke konten utama

6 Alasan Ini Membuat Anda Harus Menggunakan Kipas Angin AC


Hingga saat ini terdapat berbagai macam alat pendingin ruangan, dimulai dari kipas angin biasa, kipas angin AC, air conditioner dan peralatan lainnya. Sebagai pengguna alat pendingin ruangan, Anda diharuskan mengetahui perkembangan dari teknologi yang ada. Hal ini tentu bermanfaat untuk Anda dalam memilih alat pendingin yang efektif dan efisien. 

Salah satu perkembangan dari alat pendingin adalah Kipas Angin AC. Alat ini sejenis dengan kipas angin biasa, namun memiliki hasil yang berbeda. Banyak yang beranggapan bahwa kipas angin AC adalah air conditioner mini portable. Padahal dilihat dari cara kerja dan fungsinya, kedua alat ini memiliki perbedaan.
Bagi Anda pengguna alat pendingin kipas angin biasa atau Air Conditioner, segeralah beralih dengan menggunakan Kipas Angin AC. Terdapat beberapa alasan yang dapat membuat alat ini unggul dibanding alat pendingin lainnya. Berikut 6 alasan mengapa Anda mesti menggunakan Kipas Angin AC:

1.    Sejuk dan Hemat Listrik
Anda tentu menginginkan alat pendingin yang hemat listrik namun memiliki kemampuan yang baik dalam mendinginkan ruangan. Nah, salah satu alasan mengapa Anda harus membeli kipas angin AC adalah dikarenakan alat ini hemat listrik.
Kipas angin AC mengonsumsi energi listrik yang relatif lebih kecil daripada air conditioner. Saking hematnya, bahkan terdapat kipas angin AC yang hanya membutuhkan daya sebesar 7,4 watt untuk beroperasi.  Hal ini tentu sangat berbeda jauh dengan air conditioner yang membutuhkan energi sebesar 350 hingga 1000 watt untuk beroperasi.
Hal ini juga berguna ketika Anda memiliki rumah dengan beban listrik yang terbatas. Anda tidak perlu risau ketika ingin menggunakan kipas angin AC ketika udara sedang panas.

2.    Dapat Menggantikan Kipas Angin Biasa Atau Pendukung Air Conditioner
Perlu Anda ketahui, kipas angin AC dapat digunakan menjadi kipas angin biasa. Pada kipas angin AC terdapat fitur tombol penyejuk yang dimana apabila fitur ini diaktifkan maka proses pendinginan melalui penguapan dapat dilakukan. Sebaliknya, apabila fitur ini tidak diaktifkan maka kipas angin AC dapat berjalan layaknya kipas angin biasa.
Dari fitur tersebut kita dapat mempertimbangkan bukankah lebih baik membeli kipas angin AC langsung daripada kipas angin biasa?
Selanjutnya, jika Anda menggunakan air conditioner maka udara yang dihasilkan cenderung kering. Udara kering ini dapat menimbulkan beberapa penyakit. Untuk itu, perlu alat penyeimbang yang mendukung akan kinerja air conditioner. Oleh sebab itu, Anda memerlukan kipas angin AC yang melembabkan udara sehingga tidak terlalu kering.

3.    Harga Terjangkau
Meskipun harganya lebih mahal dari kipas angin biasa, namun tidak ada salahnya kita membeli kipas angin AC. Hal ini karena alat tersebut dapat bekerja dengan konsumsi daya listrik yang sama dengan kipas angin biasa, namun memiliki kinerja lebih baik.
Jika dibandingkan dengan air conditioner, harga kipas angin AC lebih terjangkau. Harga kipas angin AC adalah sekitar Rp 250 ribu hingga Rp 1,5 juta, sedangkan harga air conditioner dimulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 5 juta. Lebih hemat kipas angin AC bukan?

4.    Perawatan Yang Mudah
Berbeda dengan air conditioner, melakukan perawatan pada kipas angin AC jauh lebih mudah. Anda dapat melakukan perawatannya sendiri. Anda cukup dengan memperhatikan level air, kebersihan dari tanki dan media pendingin untuk merawat kipas angin AC ini. Meskipun Anda memerlukan tenaga khusus, biaya yang dikeluarkan tidak akan sebesar perawatan air conditioner.
Hal ini tentu berbeda kasus apabila melakukan perawatan pada air conditioner. Alat ini memerlukan tenaga khusus atau ahli dalam melakukan setiap perawatannya. 

5.    Ramah Lingkungan
Teknologi pada kipas angin AC termasuk kategori ramah lingkungan. Hal tersebut dikarenakan dalam cara kerjanya, alat ini menggunakan proses alami untuk menghasilkan udara yang sejuk.
Berbeda dengan Kipas Angin AC, air conditioner memerlukan gas refrigerant. Hasil dari pengolahan tersebut akan menimbulkan efek rumah kaca. Hal ini tentu tidak memenuhi unsur ramah lingkungan.

6.    Mobilitas Yang Tinggi
Berbeda dengan air conditioner yang dipasang paten atau susah untuk dipindahkan, kipas angin AC memiliki mobilitas yang tinggi. Bentuknya yang relatif kecil dan pada umumnya memiliki roda membuat kipas angin AC dapat dipindahkan kapanpun dan kemana saja.
Itulah 6 alasan yang membuat Anda harus memiliki Kipas Angin AC. Namun, sebelum memilih kipas angin AC, perhatikan terlebih dahulu kebutuhan rumah Anda dari segi ruangan apakah memiliki sirkulasi udara yang baik. Hal ini agar kipas angin AC dapat berjalan dengan maksimal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Spot Penyebab Permasalahan Cash Flow pada Perusahaan Properti

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Persiapan Pensiun Dini

Jam tangan digital Terbaik yang Bisa Kalian Gunakan